Pertanyaan Umum - FAQ

ISTILAH PADA E-LOKET
Apa itu PN? : PN = Point Networking, merupakan Point yang didapatkan ketika terjadinya penambahan Mitra, baik penambahan Mitra oleh anda sendiri (sponsor langsung) atau penambahan mitra oleh anggota tim di jaringan anda (anda akan tetap menerima limpahan PN saat anggota di jaringan anda menambahkan mitra dijaringannya). dengan contoh :
  • Anda mendaftarkan langsung Mitra Basic, maka penambahan Mitra ini akan menghasilkan 300PN ke akun anda (posisi PN dikiri atau dikanan tergantung dimana anda letakkan posisi Mitra)
  • Dan jika anggota tim di jaringan anda yang mendaftarkan Mitra Basic, anda akan tetap menerima limpahan 300PN
Basic menghasilkan 300PN, Advance 1000PN, Professional 2000PN, setiap bertemunya 300PN Dikiri dan 300PN Dikanan, akan bernilai sebesar Rp. 15.000 yang direkap setiap hari minggu dan bisa dicairkan pada hari kamis. penjelasan lebih detail mengenai Bonus PN silahkan baca DISINI

Apa itu PA? : PA = Point AutoTrax, merupakan Point yang didapatkan ketika terjadinya transaksi, baik transaksi oleh anda sendiri atau transaksi oleh anggota tim di jaringan anda. posisi PA dikiri atau dikanan tergantung mitra di posisi mana yang melakukan transaksi. sama seperti perhitungan bonus PN, setiap bertemunya 300PA Dikiri dan 300PA Dikanan akan bernilai sebesar Rp. 15.000 yang direkap setiap hari minggu dan bisa dicairkan pada hari kamis. penjelasan lebih detail mengenai Bonus PA silahkan baca DISINI.

Apa itu QUALIFIED? : Qualified adalah status dimana Mitra sudah memenuhi persyaratan untuk bisa menerima Bonus PN, Bonus PA, dan Bonus Mentor. (bonus ini tidak akan terekap terlebih dicairkan apabila status Kemitraan belum Qualified), untuk bisa mendapatkan status Qualified, Mitra cukup mendaftarkan secara langsung 1 Mitra disebelah kiri, dan 1 Mitra di sebelah kanan, jadi minimal sudah mendaftarkan 2 Mitra secara langsung.

Apa itu DORMANT? : Dormant adalah status dimana Mitra dikategorikan sebagai Mitra tidak aktif oleh Sistem. Bonus PN, PA, dan Mentor akan hangus jika Mitra berstatus DORMANT. untuk menghindari hal ini, Mitra cukup melakukan 5 Transaksi dalam 1 bulan agar tetap terkategorikan sebagai Mitra aktif oleh Sistem E-Loket, transaksi bebas apa saja asalkan 5 transaksi. Jika Status Kemitraan belum Qualified, minimal jangan sampai menjadi Dormant agar Bonus PN, PA, dan Mentor tidak Hangus. Bonus yang terkumpul tersebut akan terekap dan bisa dicairkan saat status Kemitraan sudah Qualified.

TOP UP

Sudah Lewat 15 Menit sejak Transfer, Kenapa Saldo Deposit Belum Masuk? : Jika Menggunakan Top Up Express pastikan sudah melakukan Transfer ke Rekening yang dipilih dengan Nominal yang telah ditentukan (Jumlah Top Up + Kode Unik), periksa nomor rekening yang dipilih dan nominal yang ditentukan pada Email Konfirmasi Top Up. jika ada kesalahan rekening atau nominal, lakukan konfirmasi menggunakan Top Up Manual atau hubungi Costumer Care melalui Live Chat (kotak merah di bagian bawah kanan monitor). dan jika nomor rekening dan nominal sudah benar, perhatikan beberapa hal berikut :
  • Pastikan sudah mengisi kolom Nama Pemegang Rekening dengan benar sesuai atas nama Pemilik Rekening yang anda gunakan untuk melakukan Transfer Dana Top Up Deposit.
  • Klik tombol Update (diatas kolom PN) untuk melakukan refresh informasi akun dan menampilkan Saldo Deposit Terupdate (setelah klik update, scroll kebawah dan lihat kolom informasi Saldo Deposit)
  • Proses Top Up Saldo Deposit tercepat adalah melalui BCA, Bank lainnya terkadang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan BCA.
  • Panduan Top Up Deposit lebih lanjut silahkan baca DISINI.


TRANSAKSI PULSA & PAKET DATA


Error Transaksi Pulsa / Paket Data Pada Jam Tertentu : Layanan pengisian Pulsa atau Paket Data hanya dapat dilakukan mulai sekitar pukul 00.30 s/d 23.30 WIB. Hal ini dikarenakan oleh adanya jadwal tetap cut off time, maintenance, atau pemeliharaan rutin jaringan dan database oleh pihak penyedia layanan pada rentang pukul 23.30 s/d 00.30 WIB. perihal lain yang perlu diperhatikan adalah : "pengisian Pulsa atau Paket Data ke nomor dan nominal yang sama, tidak dapat dilakukan di hari yang sama". perihal ini untuk mengantisipasi terjadinya ketidaksengajaan duplikasi pengisian. jika hendak di transaksikan ke nomor yang sama, silahkan pilih jenis atau nominal yang berbeda.

Transaksi Pulsa Atau Paket Data Sudah Menerima SN Namun Pulsa Atau Paket Data Belum Bertambah : Terdapat beberapa Faktor yang perlu diperhatikan untuk mengetahui sebab Pulsa atau Paket Data belum masuk atau bertambah, diantaranya adalah :
  • Pelanggan mungkin berlangganan produk-produk yang disediakan oleh operator, dan pulsa akan terpotong otomatis untuk perpanjangan layanan produk tersebut.
  • Ketika paket data pelanggan sudah habis, namun paket data masih dalam kondisi ON, sehingga akan langsung memakan kuota pulsa utama.
  • Pelanggan berlangganan paket data, namun terpakai untuk layanan streaming yang memakan kuota dalam jumlah besar, sehingga seakan-akan paket data tidak bertambah.
E-Loket berperan sebagai penyedia jasa transaksi dan akan berusaha semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada para mitra. Namun, keberhasilan transaksi akan tergantung sepenuhnya dari operator maupun provider. Jika saldo atau kuota tidak masuk, silahkan konfirmasikan terlebih dahulu ke operator dengan menginformasikan SN (Serial Number), Silahkan menghubungi Call Center Operator yang bersangkutan.
  • INDOSAT
    • Pengguna Matrix hubungi 111 (gratis)
    • Pengguna Mentari & IM3 hubungi 100 (berbayar, Rp 400/panggilan)
    • PSTN/Telepon Rumah +6221 5438 8888 dan +6221 3000 3000
    • Mesin Penjawab 222 (gratis)
  • AXIS
    • Untuk Via info layanan melalui mesin penjawab. Tanpa biaya Hubungi 838
    • Untuk Via Telepon: 0838 8000 838 (berbayar)
  • XL
    • Telepon: +62-21-579 59 817 (dari PSTN, biaya sesuai tarif masing-masing operator)
    • Info layanan melalui mesin penjawab. Tanpa biaya Hubungi 818
    • Berbicara dengan XL Contact Center Representatives  Rp 500,- / panggilan Hubungi 817
  • TELKOMSEL
    • Untuk Kartu HALO hubungi 133
    • Dan untuk simPATI dan Kartu AS hubungi 155 dan untuk layanan informasi pelanggan 24 jam (Gratis) dan 188 untuk layanan Contact Center 24 jam (Berbayar)
    • Untuk Melalui ponsel dan fixed phone : Nasional : 08071811811, Jakarta : (021) 21899811, Bandung : (022) 2553811, Surabaya : (031) 8403811, Medan : (061) 4578811
    • Untuk Nasional bisa hubungi di 08071811811 (tarif lokal PSTN)
  •  THREE (TRI/3)
    • Silahkan hubungi 123 (Rp 300/panggilan untuk prabayar)
    • Atau bisa juga menggunakan 0896 44000 123 (berbayar)
    • Customer Service Call center 3 Lainnya Panggil 200 dari Kartu Tri Anda.
    • Panggilan dari Operator Lain Gunakan Call center 089644000200
  •  SMARTFREN
    • Call 888 melalui nomor Smartfren (Untuk pelanggan prabayar biaya Rp. 300,- ketika terhubung dengan CSR)
    • Hubungi Via 021-50100000 yaitu melalui PSTN
    • Hubungi via 08811223344 jika melalui nomor operator lain


 TRANSAKSI PLN

Mengapa Perlu Mencantumkan Nomor HP Pada Transaksi Token Listrik? : Pengisian nomor handphone dilakukan untuk mengantisipasi apabila provider mengalami gangguan yang mengakibatkan nomor token tidak langsung muncul pada saat transaksi. Jika hal ini terjadi, provider akan mengirimkan token melalui SMS ke Nomor HP yang telah dicantumkan.

Error Pada Transaksi Token Listrik Pada Jam Tertentu : Layanan Penyediaan Token Listrik memiliki Jadwal Off  pada pukul 23:00 s/d 01:00 WIB (Jam Offline Server). jadi transaksi pada jam ini memang tidak akan bisa dilakukan.


     TRANSAKSI BPJS

    Error Pada Transaksi BPJS : Ganti 2 (dua) digit pertama ID Pelanggan dengan 8888 (8 empat kali) Contoh : ID Pelanggan adalah 000123456789, maka ganti menjadi : 888800123456789. jika masih tetap muncul Pesan Error, cek status ID Pelanggan di Situs Resmi BPJS DISINI


     TRANSAKSI TIKET PESAWAT

    Apa Perbedaan Booking Dan Issued? : Booking adalah proses yang dilakukan untuk melakukan reservasi atau pemesanan tiket pesawat sesuai dengan jadwal yang diinginkan. proses pencetakan tiket belum dilakukan pada saat booking, bila terjadi pembatalan reservasi atau belum dilakukannya proses issued, maka tidak dikenakan biaya. Maskapai akan memberikan tenggang waktu yang disebut time limit. yang dimana dalam kurun waktu tersebut tiket sudah harus di-issued (dicetak). setelah dilakukan proses issued, pembatalan oleh karena alasan apapun, akan mengikuti ketentuan pembatalan dari pihak maskapai.

    Sudah Tentukan 2 Penumpang, Tapi Hanya Muncul 1 Isian Data Penumpang Saat Akan Booking : Jika terjadi hal ini dengan menambahkan jumlah penumpang menggunakan Up-Down Button, silahkan menggunakan Tombol Hijau dengan Ikon "+" untuk menambahkan jumlah penumpang.

    Booking Tiket Pesawat Berhasil Namun Status Expired Time Limit Pada History Booking : Silahkan sesuaikan pengaturan waktu pada perangkat anda menjadi GMT+7 Jakarta, Bangkok.

    Apakah Penumpang Bisa Merubah Jadwal atau Tujuan Penerbangan? : Bisa atau tidaknya perubahan dilakukan tergantung pada kebijakan harga dan ketentuan tiket dari masing masing maskapai. silahkan konfirmasikan proses perubahan yang dikehendaki langsung ke maskapai. daftar call center maskapai klik DISINI.

    Apakah Nama Penumpang Bisa Bisa Dirubah Jika Terjadi Kesalahan Penulisan? : Sesuai peraturan maskapai, koreksi nama tidak dapat dilakukan oleh Agen Perjalanan. Bila terjadi kesalahan minor (tidak lebih dari 2 huruf), mitra dapat menghubungi call center maskapai langsung untuk minta penambahan remarks (catatan) di reservasi yang telah dilakukan (daftar call center maskapai klik DISINI). Apabila terjadi kesalahan mayor (lebih dari 2 huruf), biasanya akan dikenakan biaya sesuai ketentuan maskapai, atau bila koreksi nama ditolak maskapai.

    Apakah Nama Penumpang Diperbolehkan Tidak Menggunakan Nama Yang Sebenarnya? : Setiap reservasi harus dilakukan dengan data yang sebenarnya. Jika reservasi dilakukan tidak menggunakan data yang benar, maka penumpang akan ditolak keberangkatannya oleh pihak maskapai. Reservasi yang dilakukan dengan data tidak benar (booking fiktif) merupakan pelanggaran serius. E-Loket akan melakukan blokir ID atau tindakan yang dianggap perlu terhadap mitra yang tidak menggunakan sistem E-Loket dengan baik.

    Apakah Penumpang Hamil Diperbolehkan Naik Pesawat? : Terdapat perbedaan peraturan pada beberapa maskapai mengenai ketentuan ini. Umumnya, penumpang hamil diizinkan naik pesawat apabila usia kandungan berkisar 3 s/d 6 bulan. apabila usia kandungan dibawah 3 bulan atau diatas 6 bulan, biasanya harus melampirkan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa penumpang hamil tersebut dalam kondisi sehat dan layak untuk bepergian menggunakan pesawat.

    Bagaimana Proses Pembuktian Umur Anak? : Untuk Anak dapat melampirkan fotocopy akte lahir atau kartu keluarga. dan untuk Bayi dapat melampirkan surat keterangan lahir, akte lahir, atau kartu keluarga. untuk bayi dibawah usia 3 bulan biasanya akan diminta surat keterangan dokter yang menyatakan bayi tersebut dalam kondisi sehat dan dapat bepergian menggunakan pesawat udara.

    Bagaimana Proses Pembatalan dan Refund Dana Tiket Pesawat? : Proses refund dapat dilakukan dengan menghubungi call center maskapai (daftar call center maskapai klik DISINI). Setelah proses refund dikonfirmasi oleh pihak maskapai, silahkan mengirimkan email ke support@e-loket.com untuk kronologis refundnya. Proses refund dari sisi E-Loket akan di proses pada waktu dan hari kerja (Senin sd Sabtu, kecuali hari Libur, mulai pukul 08.30 sd 17.00)
    • Khusus maskapai AIRASIA, rute yang dapat direfund hanya rute domestik Indonesia. Rute Internasional tidak dapat dilakukan refund.
    • Khusus maskapai SRIWIJAYA AIR, harap di perhatikan jika pihak call center maskapai mengarahkan untuk mengambil tanda terima pada kantor sriwijaya terdekat. Maka mitra di wajibkan mengambil tanda terima tersebut pada batas waktu yang ditentukan agar proses refund dapat di lakukan oleh pihak E-Loket. Harap melampirkan foto tanda terima dan memberikan catatan pada email permintaan refund bahwa tanda terima sudah di ambil ke pihak Sriwijaya Air.
    • Khusus untuk maskapai CITILINK, proses refund tidak dapat melalui call center, namun hanya dapat dilakukan melalui email ke support@e-loket.com dengan menginformasikan dengan lengkap kode booking, nama dan rute yang hendak diproses refund. Informasikan pula nomor telepon yang dapat dihubungi untuk konfirmasi. Proses refund maskapai CITILINK dari sisi E-Loket akan diproses setelah data lengkap. Proses dilakukan pada waktu dan hari kerja (Senin sd Sabtu, kecuali hari Libur, mulai pukul 08.30 sd 17.00). Jika email diterima sebelum pukul 16.00 WIB, maka refund akan diproses pada hari yang sama. Jika email diterima setelah pukul 16.00 WIB, maka akan diproses pada hari kerja berikutnya.
    Setiap proses refund, akan mengikuti ketentuan dari maskapai penerbangan. Ketentuan dan tatacara yang disebutkan di atas, mungkin dapat berubah sewaktu – waktu sesuai aturan maskapai penerbangan. Nominal hasil refund akan sesuai dengan ketentuan maskapai dan dikenakan biaya Rp 20.000 per pax per route.


     TRANSAKSI E-TOLL

    Saldo Kartu e-Toll tidak Bertambah Setelah Top Up : Penambahan Saldo Kartu e-Toll membutuhkan tahap Update Saldo, jadi Saldo memang tidak akan langsung bertambah. masing-masing Penyedia memiliki cara Update Saldo masing-masing sbb :
    • MANDIRI :
      • Cara 1 : Melalui ATM Mandiri yang ada Logo Reader e-Money, Tempelkan Kartu e-Money, Tekan Tombol Hijau kemudian Pilih Update Saldo. Saldo Akan Terupdate dan Struk Keluar dari Mesin ATM.
      • Cara 2 : Menggunakan Aplikasi Mandiri e-Money, Tempelkan Kartu Mandiri e-Money di belakang HP (pastikan HP sudah Mendukung Fitur NFC), Aplikasi Akan menampilkan Saldo Terupdate.
      • BNI :
      • Cara 1 : Melalui ATM Tunai atau Non-Tunai BNI, Tekan Tombol Hijau, Pilih BNI TapCash dan kemudian Pilih Balance Inquiry. Letakkan kartu TapCash di Reader yang Ber-Stiker TapCash, Maka akan Muncul informasi saldo TapCash Terupdate
      • Cara 2 : Menggunakan Mesin EDC yang Mendukung BNI TapCash : Pilih menu BNI TapCash, Tekan Enter. kemudian Pilih Balance Inquiry dan Tekan Enter. Tempelkan kartu pada Reader, Maka akan Muncul informasi saldo TapCash Terupdate
      • Cara 3 : Menggunakan Aplikasi TapCash Go, Pastikan HP sudah Mendukung Fitur NFC, Download Aplikasi TapCash Go, Pilih menu Info Kartu dan Tempelkan Kartu BNI TapCash pada Bagian Belakang HP, Maka akan Muncul informasi saldo TapCash Terupdate.


      PENGGUNAAN SISTEM E-LOKET

      Dimana Mendownload Applikasi E-Loket ? : E-Loket tidak perlu install Applikasi yang menambah beban memory Handphone. Sistem E-Loket saat ini merupakan WEB. sehingga lebih Fleksibel untuk akses kapan dan dimana saja melalui Handphone maupun Laptop atau Komputer. jadi tidak perlu install applikasi dulu baru bisa pakai. panduan agar penggunaan Sistem E-Loket lebih praktis silahkan klik DISINI.

      Kolom-Kolom pada Dasboard atau Informasi Akun Kosong Semua tidak ada Angka : Update versi Browser atau gunakan Browser lain. saat ini Sistem E-loket Berjalan dan Berfungsi dengan baik pada Browser Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

      Tidak bisa Login dan Muncul Sesi Expired : Perhatikan Tanggal dan Jam pada HP, Laptop, atau Komputer yang digunakan apakah sudah benar. jika sudah benar namun masih tetap tidak bisa login dan muncul Sesi Expired : buka pengaturan Browser dan Clear Cache atau Clear All Data, kemudian ulangi Login kembali.

      Bagaimana Cara Print Struk Transaksi? : Klik Menu Laporan, kemudian pilih Histori Transaksi, maka akan muncul Riwayat Transaksi. Klik No. Invoice Transaksi yang akan dicetak.
      • Struk (Warna Hijau) : mencetak langsung tanpa merubah harga
      • Struk + Mark Up (Warna Orange) : mengatur sendiri harga yang tercantum pada struk.
      • Printer Biasa : ukuran standar A4
      • Printer Struk 58mm : ukuran struk lebar 58mm
      • Download : download struk dalam format PDF
      • Share Link : membagikan struk dalam format link / url
      • Untuk Cara Print menggunakan Printer Bluetooth klik DISINI